Friday 1 November 2013

Deskrisi klikPAPERCRAFT

Deskripsi Perusahaan
          klikPapercraft merupakan salah satu home industry yang berada di Kota Baturaja yang menawarkan seni kerajinan kertas yang merupakan pengembangan dari seni melipat kertas yang berasal dari Jepang dengan berbagai bentuk. Perusahaan ini berdiri pada 1 November 2013 yang bertempat di Jl.Imam Bonjol Air Paoh Gg.Damai No.956. Home industry Papercraft maniac didirikan dan dipimpin oleh seorang mahasiswa yang bekerja sama dengan beberapa teman-temannya. Semua pekerja yang berada di Home industry ini adalah para mahasiswa yang kreatif dan menyukai seni papercraft.



Segmentasi
          Segmentasi utama dari produk papercraft ini adalah anak-anak dan remaja. Usia antara 10-25 tahun. Akan tetapi, kami juga menargetkan produk ini kapada para penggemar manga (komik Jepang) yang biasanya sangat menyukai figure-figur di komik yang mereka baca.

Strategi Pemasaran
          Pemasaran yang kami gunakan adalah dengan cara direct selling, yaitu dengan menjual produk secara langsung kepada calon pembeli mengingat usaha yang kami lakukan termasuk kepada usaha kecil. Modal awal usaha yang kami buat adalah Rp 300.000,-. Dari sini kami tidak membuat secara langsung produk yang kami jual, akan tetapi kami melakukan sharing profit dengan pembuat papercraft. Jadi, dari hasil penjualan yang kami lakukan, keuntungan yang didapat akan langsung dibagi kepada anggota oganisasi dan pembuat papercraft dengan komposisi 50-50 (50% untuk PM dan 50% untuk pembuat papercraft). Profit yang diambil dari tiap produk minimal 100% dari harga produksi. Selanjutnya akan disesuaikan dengan tingkat kesulitan dari pembuatan papercraft itu sendiri.
Calon konsumen dapat memilih model-model papercraft apa yang mereka inginkan melalui catalog yang kami buat. Catalog tersebut berisi gambar-gambar tokoh-tokoh kartun yang telah dibuat menjadi papercraft yang unik. Kami memang memiliki pola-pola papercraft yang terbatas pada tokoh kartun atau animasi dalam komik, akan tetapi bila konsumen memiliki design sendiri, dan pembuat papercraft bersedia untuk membuatkan, maka design tersebut bisa dijadikan papercraft. Pemasaran kami akan dilakukan di sekitar baturaja dan kampus. Mengingat taman bacaan adalah tempat yang para penyuka komik berkumpul. 

          Selain itu, kami melakukan penawaran langsung terhadap anak SMA dan mahasiswa yang ada di sekitar kami sebagai permulaan pemasaran kami.
Media online juga menjadi media alternative kami untuk mempromosikan produk. Kami melakukan promosi melalui situs jejaring social facebook dan blog. Calon pembeli bisa mengunjungi situs: 
Range Harga

          Range harga papercraft yang kami jual bervariasi, tergantung dari banyaknya kertas yang dipakai dan tingkat kesulitannya. Berikut range harga yang ditawarkan:
No. Jumlah kertas yang dipakai Tingka kesulitan (detail) Harga
1. 1 lembar sederhana Rp 5 000,-
2. 2 lembar sulit Rp 7. 500,-
3. 3 lembar sulit Rp 10 000– 15 000,-

          Untuk papercraft dengan menggunakan kertas lebih dari tiga lembar dan memakai kesulitan yang lebih tinggi, akan disesuaikan dengan biaya produksi lebih lanjut.

Produk
          Papercraft merupakan suatu seni membentuk kertas yang berasal dari Jepang. Papercraft digunakan untuk membuat objek menjadi 3 dimensi dengan menggunakan kertas. PaperCraft / Paper Replika / Paper Model (ichi no gami) merupakan suatu pengembangan dari Origami. origami adalah seni melipat dengan menggunakan 1 lembar kertas. Tapi paper replika adalah seni merakit kertas dari beberapa lembar kertas (tidak terbatas). Teknik yang dibutuhkan adalah membuat pola-pola pada kertas, menggunting, memakai cutter, melipat, membuat kurva dengan kertas, mengelem, dan membentuk kertas. Papercraft dapat berbentuk mobil, motor, anime, kartun bahkan replika kota.


Baca Juga:

Next

Related